Meningkatkan CPC Google Adsense: Inilah Rahasianya!

Meningkatkan CPC Google Adsense: Inilah Rahasianya!


Banyak di antara para blogger yang sudah berkecimpung di dunia internet marketing, khususnya yang sudah menjadi publisher di Google Adsense mencari cara untuk meningkatkan CPC. CPC (Cost Per Click) di Google Adsense tentunya sangat berharga sekali bagi para publisher sehingga berlomba-lomba bagaimana cara untuk meningkatkan CPC Google Adsense. Para publisher mencari cara bagaimana agar dengan klik yang minim namun mendapatkan hasil yang maksimal, dan itu semua tergantung pada CPC tersebut.

Bagi para publisher Google Adsense pasti sudah paham betul bahwa platform Adsense menganut sistem PPC (Pay Per Click), jadi publisher akan dibayar seharga jumlah klik yang didapatkan melalui situsnya. Sehingga tidak dapat dipungkiri perlunya melakukan optimasi Adsense. Tiada lain tujuan dari optimasi Adsense ini ialah untuk eCPM tinggi, juga mendapatkan lebih besar CPC.

Adsense memberi peluang kepada publishernya untuk memanfaatkan iklan yang telah disediakan, dengan berupa kode-kode iklan yang bisa ditempatkan di berbagai blog dengan konten iklan yang disesuaikan dengan tema blog. Adsense mempunyai caranya tersendiri dalam menentukan besaran hasil iklan yang akan dibayar kepada Anda, yang kemudian besaran tersebut bergantung pada CPC. Ini memiliki arti bahawa Adsense akan membayar sejumlah uang dari setiap klik yang dilakukan visitor blog Anda pada iklan yang Anda pasang di blog Anda.

Besar bayaran CPC

Meski pembayaran Adsense ditentukan oleh CPC, namun hingga saat ini tidak ada yang mampu memprediksikan besaran CPC secara pasti. Hanya Google saja yang tahu mengenai sistem penentuan CPC tersebut, tentunya dengan klasifikasi-klasifikasi tertentu. Berikut ini beberapa hal yang mungkin dapat membantu penghasil Adsense dari blog anda dapat meningkat CPC-nya.

Tema

Besaran CPC yang ditentukan pada masing-masing blog tentunya tidak akan sama, salah satunya yang mempengaruhi adalah topik bahasan. Misalnya asuransi, penerbangan, hotel, kelas bahasa Inggris, teknologi dll ini dianggap sebagai tema yang berpotensi menghasilkan CPC besar. Namun demikian, tema-tema seperti ini memiliki persaingan yang ketat, sehingga sulit untuk mendapatkan visitor organik dari mesin pencari. Akan tetapi, semua bergantung pada tekad dan ikhtiar dari para blogger yang berusaha untuk dapat bersaing.

Dimensi iklan

Dimensi atau ukuran iklan sangat beragam, ukuran yang baik dengan CPC paling kompetitif ialah ukuran spanduk 728x90px dengan 300x250px. Namun untuk saat ini, yang terbaik ialah memilih ukuran adaptif, yang dapat beradaptasi dengan ukuran layar bagaimanapun. Sehingga yang paling efektif saat ini dengan memilih ukuran yang responsif, karena pembayaran CPC yang tinggi mayoritas berasal dari ponsel atau tablet.

Letak iklan

Salah satu yang pentingnya adalah letak iklan. Sebab apabila iklan yang diletakkan hanya satu saja, itu pun posisinya berada di bawah laman yang mana akan jarang sekali pengunjung yang melihatnya, maka potensi untuk mendapatkan klik akan sangat kecil sekali. Letak yang direkomendasikan ialah minimal di 3 titik iklan, pertama di atas teks artikel, kedua di tengah artikel dan terakhir di akhir atau di samping kanan artikel.

Konten

Perlu diingat, bahwa keterterlibatan secara langsung dengan pembaca sangatlah penting. Konten harus memperhatikan dengan market niche Anda, yang kemudian akan berimbas pada peningkatan visitor blog Anda. Oleh sebab itu, konten yang bagus pastinya akan menentukan besaran CPC Adsense yang tinggi. Selain itu, konten yang bagus pun sangat disukai oleh mesin pencari dan visitor.

Kata Kunci

Terakhir, hal penting lainnya yang sangat berpengaruh pada cara meningkatkan CPC Adsense ini adalah dengan menggunakan kata kunci yang efektif. Sehingga perlu dibuatkan daftar kata kunci yang dapat menguntungkan sesuai dengan tema blog Anda dan mulailah memakainya pada saat membuat konten blog Anda. Bagian kata kunci ini sangatlah menentukan besaran CPC yang didapatkan, sehingga dalam satu tema yang sama, namun dengan penggunaan kata kunci yang berbeda akan berpengaruh pada hasil besaran CPC Adsense yang didapatkan, namun ini memerlukan riset tersendiri tentang kata kunci yang bisa menguras tenaga dan waktu.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara meningkatkan CPC Google Adsense, semoga dapat bermanfaat dan jangan menyerah untuk terus meningkatkan kualitas blog dan penghasil Adsense Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar