Ketahui Jenis-Jenis Link Untuk Meningkatkan SEO


Saat kita berselancar di dunia maya, sering kita mendapati istilah-istilah internet yang mungkin kita belum pahami secara utuh maknanya. Salahsatu istilah yang sering muncul adalah link. Link atau hyperlink dalam bahasa Indonesia disebut tautan atau pranala. Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa yang dimaksud hyperlink adalah sebuah acuan baik berupa dokumen teks ataupun gambar yang mengarahkan pada sumber lain. Kesempatan ini Adhit akan memberikan sedikit pengetahuan tentang klasifikasi link agar kita dapat memahami betul apa kegunaan link tersebut.

Jenis link berdasarkan ranah

Pembagian jenis link berdasarkan tanahnya, maka link terbagi menjadi 2 yaitu ada inbound link dan outbound link.

1. Inbound Link

Inbound link merupakan pranala yang dibangun hanya di laman-laman terbatas pada domain atau situs yang sama. Misalnya saja yang sering kita jumpai adalah tautan home, tentang, kontak, kategori dan sebagainya, yang pasti umum dijumpai di berbagai situs.


2. Outbound Link

Outbound link merupakan pranala yang dibangun bukan di laman-laman pada domain atau situs yang sama, melainkan dibangun pada situs-situs lain yang berada di luar ranah domain tersebut. Yang paling umum dijumpai adalah pembubuhan link sumber pada sebuat postingan dengan pencantumannya bukan dari domain itu sendiri.


Jenis link berdasarkan alur

Pembagian jenis link berdasarkan alurnya, maka link terbagi menjadi 3, yaitu One-way link, Two-way link dan Multi-way link.

1. One-Way Link

One-Way Link dalam bahasa Indonesia disebut pranala satu arah merupakan keadaan yang mana sebuah situs mengarahkan outbound link ke situs lain, namun terbatas hanya satu situs itu saja.


2. Two-Way

Link Two-Way Link dalam bahasa Indonesia disebut pranala dua arah merupakan keadaan yang mana sebuah situs mengarahkan outbound link ke situs lain dan situs lain tersebut mengarahkan balik outbound linknya ke situs awal. Ini sering disebut dengan link exchange atau pertukaran tautan.

3. Multi-Way Link

Multi-way link atau tautan multi arah merupakan sebuah outbound link yang sudah membentuk sebuah jaringan dengan melibatkan berbagai situs yang saling terkoneksi satu-sama lain. Dalam dunia SEO, ada seseorang yang membangun jaringan multi-way link ini hanya untuk dirinya sendiri, ini disebut dengan istilah Private Blog Network (PBN).

Jenis link berdasarkan atribut

Pembagian jenis link berdasarkan atributnya, link tersebut terbagi menjadi 2, yaitu DoFollow link dan NoFollow link. Fungsi dari pemakaian atribut DoFollow dan NoFollow ini sebenarnya tidak memiliki keterikatan langsung dengan SEO, namun lebih terkait dengan PageRank. Situs yang mempunyai tautan dengan atribut DoFollow akan mendistribusikan nilai PageRank yang dipunyainya ke situs-situs terkait. Dan sebaliknya, sebuah situs yang mempunyai atribut NoFollow takkan mendistribusikan nilai PageRank yang dipunyainya ke situs-situs yang lain. Ada satu pengaruh DoFollow dan NoFollow terhadap SEO yakni backlink. Backlink yang memiliki atribut DoFollow mempunyai nilai SEO yang lebih besar dibandingkan sebuah backlink yang beratribut NoFollow.

a. DoFollow Link

DoFollow link merupakan tautan yang mengizinkan crawler dari mesin pencari untuk mengunjungi situs dan halaman situs yang menjadi target tautan. Penggunaannya ialah dengan membubuhkan atribut rel="dofollow" pada tag <a href>. Defaultnya, bahwa sebuah pranala telah mempunyai atribut doFollow tersebut, sehingga sebenarnya tidak perlu lagi menuliskan atribut dofollow tersebut.

b. NoFollow

Link NoFollow link merupakan tautan yang melarang crawler mesin pencari untuk menjelajah ke situs atau laman situs yang menjadi target tautan. Penggunaannya ialah dengan menambahkan atribut rel="nofollow" pada tag <a href>.

Jenis link pada blog

Pada dunia blogging dan SEO ada 3 jenis pengklasifikasian link yang sangat dikenal, yaitu:

Backlink

Backlink merupakan tautan yang bersumber dari luar blog itu sendiri, baik itu dari situs web lain ataupun bukan yang kemudian mengarah mengarah ke sebuah blog. Fungsi dari backlink ini ialah sebagai umpan dan juga rujukan agar sebuah blog lebih banyak dikunjungi. Semakin banyak backlink yang berkualitas, maka semakin meningkat pula SEO pada sebuah blog tersebut. Akan tetapi, tidaklah mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi, sebab mungkin saja backlink yang didapatkan berasal dari situs web yang tidak berkualitas.

Internal link

Internal link adalah sebuah pranala yang ada pada sebuah blog, yang hanya berkecimpung di dalam blog tersebut. Internal link ini berfungsi agar memudahkan pengunjung saat menjelajah blog secara lebih mendalam, dengan adanya internal link memungkinkan besarnya potensi terjelajahnya laman laman blog lain yang ada pada blog tersebut.

External link

External link adalah lawan dari internal link, secara umum external link ini merupakan link keluar. Pada dasarnya link tersebut ada pada sebuah blog yang kemudian mengarah ke luar blog, atau ke situs web lain. External link ini berfungsi untuk memudahkan pengunjung saat mengakses blog lain yang memang layak dikunjungi. Singkatnya, external link ini merupakan backlink gratis dari situs kita ke situs orang lain.

Itulah beberapa pengertian dan pembagian link versi Adhit, semoga bermanfaat dan dapat lebih mendalami penggunaan link untuk optimasi SEO kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel